Perkongsian spontan tanpa kredit



Follow twitter saya @negaramerdeka

Saturday, June 29, 2013

Rekod Dunia Kesesakkan Terpanjang di Dunia

 

1. Beijing-Tibet, China (100 km)

Kemacetan atau kesesakkan yang pertama terjadi di kawasan rute Beijing - Tibet, sejumlah pengendara kendaraan harus terjebak kemacetan sepanjang 100 km dan menghabiskan waktu kurang lebih 12 hari, peristiwa ini terjadi pada Ogos 2010.

Para pengendara hanya mampu memacu 2 km/jam dalam dua hari, dan bagi yang beruntung tiga hari baru dapat keluar dari kesesakkan ini.

Kesesakkan panjang ini disebabkan tidak hanya jumlah kendaraan yang melampaui daya tampung jalan raya, melainkan adanya truk-truk pengangkut beton atau besi waja yang membawa persediaan beton untuk perbaikan jalan di Beijing. Dan lebih parahnya lagi, beton tersebut salah satunya akan diturunkan di jalan raya yang sedang dilanda kemacetan ini.

Akibat kesesakkan yang terjadi di rute Beijing - Tibet, para pedagang, baik kios maupun toko mendapatkan keuntungan. Para penjual dihari-hari kemacetan terjadi mengalami peningkatan penjualan, khususnya makanan dan minuman.

Namun bagi para pengendara kurang beruntung, mereka menjadi korban pencurian akibat meninggalkan mobil terlalu lama.


2. Jepun (135 km)

Peristiwa kesesakkan yang terparah di dalam sejarah transportasi Jepun ini terjadi pada 12 Ogos 1990, ketika banyak warga Jepunyang baru pulang liburan musim panas dan mengungsi akibat daerahnya terancam Taifun Winona yang ganas.

Kesesakkan mengakibatkan barisan mobil sepanjang 135 km, bahkan dikhabarkan ada keluarga yang meninggal dalam perjalanan akibat kekacauan ini. Meskipun Kota Tokyo memang dikenal dengan tingkat kesesakkan yang tinggi, namun jumlah kendaraan yang meningkat hingga dua kali lipat membuat badan jalan terisi seluruhnya oleh kendaraan.


3. North of Houston (160 km)

Kesesakkan ini dipicu oleh peristiwa  2,5 juta orang penduduk Houston untuk menghindari amukan Badai Rita di tahun 2005. Semua orang mencoba menyelamatkan diri dan keluarga mereka secara bersamaan, sehingga memadati jalanan di bagian utara Houston terutama rute 45, jalan raya antara negara bagian.

Evakuasi pada 2005 tersebut merupakan yang terbesar sepanjang sejarah Amerika Syarikat, ketika ribuan manusia membanjiri jalan raya pada 21 September 2005. Dalam waktu 48 jam kemudian jalanan di Houston pun memadat dan tak boleh lagi ditembus oleh kendaraan hingga 160 km mulai dari Galveston hingga Dallas.

Untuk menghindari keseakkan yang lebih parah lagi, bahkan polis peronda harus berlalu-lalang membawa bahan bakar untuk membantu kendaraan yang kehabisan minyak. Sementara para pengungsi harus menikmati kesesakkan dengan berbincang-bincang di atas kap mobil, ataupun tiduran di dalam mobil.


4. Lyon - Paris, Perancis (175 km)

Apa yang terjadi ketika ratusan orang pulang bermain ski secara bersamaan di Perancis? Wow ini mungkin kemacetan terpanjang dalam sejarah transportasi Prancis dan dunia. Berdasarkan Guiness World of Records, kemacetan yang terjadi di rute Lyon - Paris pada 16 Februari 1980 ini mencapai 175 km panjangnya. Kesesakkan ini diakibatkan jumlah kendaraan yang memadati jalanan dan disertai cuaca musim dingin yang buruk.


5. Sao Paulo, Brasil (292 km)

Dilansir dari Majalah Time, 10 Jun 2009, Brasil yang dikenal sebagai negara dengan lalu-lintas terburuk di dunia, dikhabarkan mengalami kemacetan yang mengakibatkan barisan sepanjang 292 km.

Meskipun baik di hari kerja mahupun akhir minggu selalu macet, namun kemacetan yang terjadi kali ini disebabkan oleh meningkatnya kemampuan ekonomi dan gaya hidup masyarakat Brasil.

Banyak dari mereka yang telah mampu membeli ataupun menyicil kendaraan khususnya roda empat. Dikhabarkan setiap harinya 1.000 kendaraan berhasil dijual oleh para dealer mobil yang ada di berbagai kota di Brasil.

(Via borak kosong)

No comments: