Perkongsian spontan tanpa kredit



Follow twitter saya @negaramerdeka

Friday, March 30, 2012

Serangga Dijadikan Pewarna Kopi

SEATTLE - Sebuah situs vegetarian mengatakan bahawa kopi terkenal dari Amerika Syarikat (AS) yakni Starbucks, menggunakan serangga sebagai bahan campuran yang dipakai pada produk mereka. 

Produk yang diduga mengandung serangga itu adalah Strawberries & Creme Frappuccino.

Situs thisdishisvegetarian.com menampilkan daftar bahan untuk membuat sos strawberi dan krim frappuccino yang biasa digunakan untuk salah satu produk minuman Starbucks tersebut. 

Daftar tersebut ternyata didapat dari seorang pegawai Starbucks. Ternyata sos dan krimnya mengandung ekstrak cochineal yakni pewarna makanan yang terbuat dari serangga bawah tanah yang berasal dari Amerika Latin.

"Kami sangat kecewa mendengar khabar bahwa Strawberries & Creme Frappuccino serta Strawberry Smoothies tidak terbuat dari bahan-bahan sayuran asli," ujar pihak situs seperti dikutip UPI, Khamis (29/3/2012).  

Sementara itu juru bicara Starbucks di Seattle Jim Olson langsung menjelaskan klaim yang dikeluarkan oleh website tersebut.

"Bahan dasar untuk sos strawberi dan krim frappuccino kami memang mengandung ekstrak cochineal yakni pewarna alami yang umum digunakan dalam industri makanan. Tapi tujuan kami sebenarnya adalah untuk menjauhkan bahan-bahan pewarna buatan," kata Jim Olson. 

Published on borak kosong

No comments: